h1

Minyak Jangung dan Beras Cianjur Ala “Amway”

February 3, 2005

PT Amway Indonesia, pelaku usaha multilevel marketing, baru-baru ini resmi memasarkan dua produk yang dihasilkan oleh para pengusaha kecil dan menengah (UKM) yang menjadi binaan PT Usaha Kita Makmur (UKM) Indonesia.
Produk yang berupa minyak jagung dan beras Cianjur Super dengan merek UKMWAY tersebut merupakan realisasi perdana dari terselenggaranya kerja sama antara PT Amway Indonesia dan PT UKM Indonesia yang telah dikukuhkan sejak 1 Juli 2004 lalu.
Presiden Direktur PT Amway Indonesia Koen Verheyen menjelaskan pemasaran minyak jagung dan beras Cianjur Super UKMWAY oleh Amway Indonesia sejalan dengan komitmen Amway Global, yaitu senantiasa mendukung dan berperan serta dalam pemberdayaan produk-produk lokal berkualitas.


Pemasaran ini juga bermakna bisnis Amway adalah bisnis yang fleksibel. Artinya, berbagai jenis produk dapat dipasarkan melalui jaringan distribusi Amway, asalkan memenuhi standar kualitas yang telah ditentukan.
Koen Verheyen menambahkan minyak jagung dan beras Cianjur Super UKMWAY akan melengkapi aneka produk lokal yang telah dipasarkan oleh Amway Indonesia. Sampai saat ini, persentasi produk lokal dibandingkan dengan produk impor adalah sebesar 8 persen dan diharapkan persentasi tersebut akan naik hingga mencapai 12-15 persen.
Untuk tahap awal, minyak jagung dan beras Cianjur Super UKMWAY akan didistribusikan melalui Amway Distribution Center (ADC) maupun Amway Product Center (APC) yang ada di Jawa, Bali, dan Sumatera, kecuali Batam dan Pekanbaru.
”Ke depan, kami berharap kedua produk tersebut beserta produk UKMWAY lainnya selain dapat didistribusikan ke seluruh jaringan distribusi Amway Indonesia, juga dapat didistribusikan ke seluruh jaringan Amway Global sehingga masyarakat dari berbagai bangsa akan turut mengonsumsinya,” kata Koen Verheyen.
Tentang merek UKMWAY, menurut Koen, merupakan gabungan dari kata UKM dan Amway, ini menunjukkan bahwa PT UKM Indonesia dan Amway telah bersama-sama membuat komitmen untuk menghasilkan dan memasarkan produk UKM berkualitas.
Harapan Amway Indonesia untuk dapat memasarkan produk-produk para pengusaha kecil dan menengah Indonesia ke pasar internasional adalah sesuai dengan tujuan awal PT UKM Indonesia dalam menggandeng PT Amway Indonesia sebagai mitra.
”Selain untuk membantu mengatasi permasalahan distribusi yang selama ini menjadi problem klasik UKM, kami juga melihat bahwa jaringan distribusi Amway yang tersebar di lebih dari 80 negara di dunia merupakan peluang bagi produk-produk UKM Indonesia untuk dapat go international,” kata Presiden Direktur PT UKM Indonesia Eva Rianti Hutapea.

Standar Kualitas
Eva menambahkan standar kualitas yang harus dipenuhi oleh produk-produk yang akan dipasarkan melalui jaringan Amway justru menjadi pemacu bagi pihaknya untuk terus menghasilkan produk-produk berkualitas sehingga dapat diterima oleh pasar dalam negeri maupun internasional. Sebagai langkah untuk memperoleh produk berkualitas dari para pengusaha kecil dan menengah, PT UKM Indonesia melakukan pembinaan dari proses produksi, pengemasan produk, hingga pemasaran.
Terhadap produksi minyak jagung dan beras Cianjur Super UKMWAY, PT UKM Indonesia memberikan serangkaian pembinaan kepada para petani yang ada di Bantul, Kebumen, (jagung) dan Cianjur (padi). PT UKM Indonesia memberikan pelatihan dan penyuluhan tentang bagaimana cara menanam yang benar, memilih bibit, dan menggunakan pupuk sesuai spesifikasi yang ditentukan, serta bagaimana mengatur jarak tanam dan panen sehingga dapat menjaga kestabilan harga hasil panen.
”Produksi minyak jagung UKMWAY didukung oleh lahan pertanian yang berada di Bantul dan Kebumen yang dikelola oleh ratusan petani. Lahan pertanian tersebut menghasilkan panen sebanyak 3 kali dalam setahun. Tahun depan, luas lahan pertanian untuk tanaman jagung akan ditingkatkan,” kata Eva Rianti Hutapea.

Dari Petani
Sementara itu, untuk produksi beras Cianjur Super UKMWAY, Eva menjelaskan PT UKM Indonesia bekerja sama dengan Alam Makmur membeli beras dari petani. Proses pengolahan beras dilakukan secara modern dan higienis. Produk ini merupakan salah satu program pengembangan UKM pertanian, mengingat jumlah pelaku UKM pada sektor pertanian lebih dari 90 persen.
”Melihat pentingnya memperoleh hasil pertanian yang berkualitas tinggi, PT Amway Indonesia akan memberikan dukungan berupa penyediaan produk surfaktan Nutrifarm dan APSA 800WSC kepada para petani binaan PT UKM Indonesia sehingga diharapkan mereka akan terus dapat menghasilkan beras dan jagung dengan kualitas optimal,” kata Koen Verheyen menambahkan.
Amway adalah perusahaan penjualan langsung terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1959 oleh Rich DeVos dan Jay Van Andel. Amway yang berkantor pusat di Ada, Michigan, Amerika Serikat, saat ini memiliki lebih dari 3,5 juta IBO dengan 13.000 karyawan yang tersebar di lebih dari 55 negara dengan 80 wilayah operasional di seluruh dunia.
Amway memasarkan produk-produk kesehatan dan kebugaran, kosmetik dan perawatan kulit, perawatan diri, perawatan rumah tangga, peralatan rumah tangga, dan pertanian. Amway Indonesia berdiri tanggal 17 Juli 1992 melalui PT Amindoway Jaya dan PT Amway Indonesia. PT Amindoway Jaya adalah perusahaan pemegang lisensi penjualan langsung dan disrtibusi produk Amway di Indonesia. PT Amway Indonesia adalah perusahaan yang memberikan jasa konsultasi dalam bidang pemasaran, pengembangan usaha, serta dukungan distributor aktif di Indonesia.
Amway Indonesia memasarkan sekitar 250 produk Amway Secara kualitas, Amway memperoleh status Superbrands dari The Superbrands Organization yang menandakan Amway sebagai salah satu brand berkualitas terbaik.
(SH/ignatius gunarto

2 comments

  1. gimana sih cara bikinm minyak jagung?


  2. met siang, saya mau tanya nomer kontak yg bisa saya hub kemana? trims



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: