h1

Flu Burung (Avian Flu) Adalah?

February 23, 2006

Influenza
Influenza atau Flu adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini lebih berat dari batuk-pillek dan dapat menyebabkananda sakit hingga 7-10 hari. Gejala Flu adalah: panas tinggi, kepala pusing, otot terasa sakit, batuk, tenggorokan sakit, dan hidung berair.

Gejala ini bisa berlangsung sampai tiga hari hingga anda betul betul sakit (masa inkubasi). Siapa saja, dimana saja, dan siapa saja bisa terserang Flu,walaupun anda aktif senam dan berolahraga tidak menyebabkan anda kebal terhadap Flu. Flu ini menular melalui batuk dan bersin, bila anda mendapatFlu hindarilah berada ditempat yang banyak orang berkumpul. Usahakan sewaktu batuk atau bersin menggunakan saputangan atau tissue, lalu cucilah tangan anda sesudah anda bersin.

Apa yang dapat anda lakukan untuk menghindari Flu?
Mintalah kepada dokter anda untuk memberikan vaksinasi Flu. Karena virus Flu bervariasi dan berubah setiap tahun, maka anda juga harus di imunisasi setiap tahun.

Flu Burung – Avian Flu/ Influenza

Jenis virus influenza sangat bervariasi, dan beberapa diantaranya dapat menyerang unggas (ayam, burung, bebek, etc). Virus ini disebut Virus Avian Influenza. Pada unggas penyakit ini disebabkan oleh Virus Influenza jenis A. Penyakit pada unggas ini di deteksi di Italia 100 tahun yang lalu, dan kini telah menyebar keseluruh dunia. Ada 15 jenis yang dapat menginfeksi unggas, dan yang terganas adalah Tipe A subtipe H5 dan H7. Di Indonesia yang menyerang adalah subtipe H5N1. Unggas air yang berimigrasi adalah reservoir alami dari virus ini, dan ayam terutama ayam ras adalah yang paling rentan.

Penularan ke Manusia.
Walaupun jarang, beberapa virus flu burung dapat menular ke manusia. Virus Burung yang disebut H5N1 telah menginfeksi manusia yang kontak langsung dan terus menerusdengan unggas. Cara penularan ialah tinja unggas yang mengering dan menjadi partikel kecil, yang terbawa angin dan dihirup oleh ungggas, hewan lain dan manusia.
Virus Flu Burung H5N1 ini menyebabkan Flu berat pada manusia dan bisa menyebabkan radang paru akut dan kematian. Saat ini belum ada bukti bahwa penularanberlangsung dari manusia ke manusia. Hingga saat ini BELUM ADA vaksin yan g tersedia untuk Flu Burung.

Penularan pertama dari unggas ke manusia diketahui tahun 1977, hingga awal September 2005 diketahui terdapat 112 orang yang terserang dan 57 orang meninggal. Kasus Flu burung ini berasal dari Vietnam (90), Thailand (17), Kamboja (4), dan Indonesia (1).

Namun data Litbang Kompas sejak 2005 awal sudah terdapat 4 (empat) kasus yang meninggal dunia di Indonesia. Juga pada mid September ada 6 orang yang dirawat dengan dugaan Flu Burung di RSPI Sulianti Sarosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: