h1

Standart Akreditasi Sekolah

May 20, 2006

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan nasional secara bertahap ke arah yang kita harapkan sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional, perlu dilakukan pengembangan dan sekaligus membangun sistem pengendalian  mutu pendidikan melalui tiga program yang terintegrasi, yaitu standarisasi, akreditasi,  dan sertifikasi. Standarisasi pendidikan haruslah dimaknai sebagai upaya penyamaan  arah pendidikan secara nasional yang memiliki keluasan dan sekaligus keluwesan dalam implementasinya. Standar pendidikan harus dijadikan acuan oleh pengelola pendidikan, yang disisi lain menjadi pendorong tumbuhnya inisiatif dan kreativitas standar minimal yang kita tetapkan. Hal ini sejalan dengan Udang-Undang Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS) Tahun 2000 – 2004, yang menyatakan bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu dilaksanakan pengembangan sistem akreditasi sekolah secara adil dan merata baik untuk sekolah negeri maupun sekolah swasta.

Hal ini dipertegas dengan ditetapkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua tentang Akreditasi yang menjelaskan bahwa;

  1. Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan  pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan;
  2. Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh Pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik;
  3. Akreditasi dilakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka;
  4. Ketentuan mengenai akreditasi sebagaimana dimaksud dalam ayat 1, ayat 2, dan ayat 3 diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah,

Atas dasar ketentuan tersebut diatas Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional telah membentuk Badan Akreditasi Sekolah Nasional untuk melaksanakan akreditasi semua jenjang (TK, TKLB, SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMK, Madrasah dan SMLB) dan jenis sekolah (Negeri maupun Swasta).

Untuk dapat merealisasikan pelaksanaan akreditasi sekolah, maka Badan Akreditasi Sekolah Nasional telah menerbitkan delapan buah buku kebijakan, pedoman, dan petunjuk pelaksanaan akreditasi sekolah, yaitu:

(1)  Kebijakan Nasional Tentang Akreditasi
(2)  Pedoman Akreditasi Sekolah
(3)  Konstruk dan Indikator Kualitas Sekolah
(4)  Petunjuk Visitasi
(5)  Petunjuk Evaluasi Diri
(6)  Petunjuk Penilaian dan Penskoran
(7)  Petunjuk Penerbitan Sertifikat
(8)  Panduan Pelatihan Asesor

Kedelapan buku tersebut disusun dengan maksud untuk memberikan rambu-rambu umum tentang pelaksanaan akreditasi sehingga kedelapan buku ini dapat  memberikan arahan dan bimbingan yang bermanfaat bagi pelaksanaan akreditasi sekolah  yang bersifat transparan, adil, profesional, objektif, dan akuntabel..

    Jakarta, Desember 2003
Badan Akreditasi Sekolah Nasional
Ketua,
TTD

Prof. Dr. H. Soedijarto, MA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: