h1

Program Pelatihan Guru TK

July 25, 2006

Pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional berupaya meningkatkan mutu tamatan sekolah Taman Kanak – kanak (TK) agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah, guru memegang peranan kunci dan menentukan keberhasilan pendidikan melalui kegiatan belajar mengajar disamping faktor – faktor sumber daya lainnya. Oleh karena itu peningkatan kualifikasi guru taman kanak – kanak agar diuapayakan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta serta agar sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Guru yang kualifikasinya sesuai mempunyai korelasi tinggi terhadap mutu tamatan sekolah.

Salah satu peningkatan kualifikasi guru dilakukan melalui akreditasi menuju kualifikasi D2 PGTK oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) terhadap program pendidikan dan latihan bagi guru taman kanak-kanak. Sehubungan dengan Otonomi Daerah, maka pelaksanaan peningkatan kualifikasi guru taman kanak-kanak menuju kualifikasi D2 PGTK menjadi kewenangan Dinas Pendidikan Propinsi dan Dinas Pendidikan Kabuapaten/Kota bekerja sama dengan LPTK setempat/terdekat, namun demikian Pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional sesuai kewenanganya melalui kerjasama dengan Prof.Dr. Conny R Semiawan dan kawan – kawan dari Universitas Negeri Jakarta serta masukan dari Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Lampung, Universitas Negeri Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, IKIP Negeri Singaraja dan Universitas Negeri Lambungmangkurat Banjarmasin, telah menyusun Buku I Naskah Akademik Perintisan Akreditasi Program Pelatihan Guru Taman Kanan-kanak menuju Kualifikasi D2 mencakup nomna-norma akademik untuk digunakan sebagai salah satu acuan peningkatan kualitas guru taman kanak-kanak. Diharapkan adanya Naskah Akademik ini dapat membantu pemerintah daerah untuk melaksanakan kerjasama dengan LPTK dalam upaya meningkatkan kualifikasi guru taman kanak-kanak di wilayahnya sehingga mutu pendidikan dapat tercapai. Selanjutnya Dinas Pendidikan propinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dapat mengembangakan Naskah Akademik ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi wilayahnya sehingga pelaksanaanya menjadi efektif dan efisien.

One comment

  1. Assalaamualaikum Ibu Riva,
    Senang sekali bisa bertemu di dunia maya. Ada banyak kesamaan visi dan misi untuk meningkatkan dunia pendidikan. Apakah bisa kita melakukan kerja sama. Silahkan kunjungi website kami: http://www.sopyanmk.wordpress.com atau http://www.prasastiimani.org

    Terima kasih,
    Sopyan



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: