h1

Gaji PNS 2008 Naik

April 1, 2007

Menneg Pendayagunaan Aparatur Negara, Taufiq Effendi menyatakan pada tahun 2008 nanti gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) mungkin naik lagi.

JAKARTA : Menneg Pendayagunaan Aparatur Negara, Taufiq Effendi menyatakan pada tahun 2008 nanti gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) mungkin naik lagi.

“Itu tergantung dengan pemasukan kita. Terbukti dari tahun 2004, tahun 2005, tahun 2006 dan tahun 2007 meningkat dan tahun 2008 Insya Allah meningkat lagi,” katanya di Palembang, Senin. Mengenai berapa persen kenaikan gaji tersebut ia menyatakan, mesti diputuskan dulu oleh DPR.

Menurut dia, pada tahun 2004 gaji PNS yang terendah sebesar Rp 668 ribu di bawah UMR (Upah Minimum Regional). Pada tahun 2006 sudah Rp 1.060.000, dan sekarang ini sudah Rp 1.200.000,- untuk gaji PNS yang paling rendah.

“Tahun depan bakal naik lagi, itu belum cukup. Saya dengan Menteri Keuangan sedang menyusun daftar yang menyeluruh tentang sistem penggajian nasional ini, terus menerus, sementara jumlahnya saya data,” ujarnya.

Ia mengatakan, penyebaran pegawai negeri sipil ini tidak sehat, karena ada satu daerah yang penduduknya hanya 200 ribu, sementara PNS-nya mencapai 20 ribu.

Menneg PAN menambahkan, daerah yang sudah melakukan pelayanan satu atap pada tahun 2005 lalu ada sembilan daerah dan tahun 2006 sebanyak 75 daerah dan tahun 2007 sudah 283 daerah.

Menurut dia, pengangkatan tenaga guru pada tahun 2007 ini diharapkan selesai, sementara pengangkatan tenaga yang lainnya masih berlangsung sampai tahun 2009.

“Penerimaan tahun 2007 ini dimulai pada Agustus dan pengangkatan pada bulan Oktober,” katanya. Ia mengatakan, prosesnya cepat sesuai dengan kebutuhan terutama untuk tenaga pendidik, tenaga kesehatan, sementara untuk tenaga tata usaha sudah begitu banyak.

“Saya yakin betul dan tidak ragu-ragu karena daerah yang tahu sendiri orangnya. Nanti kita meneliti, kalau dia benar tenaga kesehatan, kita harus tahu jelas dia dokter apa atau rumah sakit mana, kalau dia perawat untuk puskesmas dan rumah sakit mana,” ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah PNS di Indonesia sebanyak tiga juta enam ratus orang dan dari jumlah itu sebanyak dua jutanya adalah tenaga guru.

One comment

  1. !..!



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: