h1

Dewan Sekolah Salah Kaprah

April 22, 2007

TERBENTUKNYA dewan sekolah di era reformasi tentunya sebagai lembaga kontrol atau “legislatifnya” tingkat sekolah terhadap kepala sekolah dan “kabinetnya” yang terdiri dari guru, tata usaha, yang menjalankannya fungsi “eksekutif”.

Hal yang sangat ironis terjadi di SDN Kencana Indah II Kabupaten Bandung. Dewan sekolah justru melakukan fungsi eksekutif, dengan melakukan berbagai program mulai dari pengadaan buku paket untuk semua siswa, pungutan uang renang siswa (kendati siswa tidak pernah berenang), penyelenggaraan pemantapan bagi kelas 6, sekaligus yang mengelola keuangan dari siswa, dan masih ada berbagai program lainnya.

Program dewan sekolah ini mengambil alih fungsi “eksekutif” kepala sekolah. Dewan sekolah selayaknya tidak berfungsi operasional, yang namanya dewan berada pada tatanan konsep untuk dijalankan eksekutif.

Beberapa orang tua murid menilai perilaku dewan sekolah ini “bak seorang dewa” yang bisa menentukan segalanya, sampai kepala sekolah dan guru-guru tak berkutik dibuatnya.

Guru-guru sama sekali tidak punya otoritas, dan “dialas” oleh dewan sekolah. Hal ini sudah berlangsung lama, yaitu sejak terbentuknya dewan sekolah.

Aneh dan salah kaprah para pengurus dewan sekolah yang terhormat ini, kendati di dalamnya terdapat orang-orang yang intelektualnya tinggi, bahkan ada pengajar di salah satu perguruan tinggi negeri terkenal di Bandung.

Menyikapi hal ini, saya mohon perhatian kepada Diknas Kabupaten Bandung, agar menertibkan dewan sekolah yang salah kaprah ini, dan kiranya bisa diganti dengan lembaga baru, misalnya persatuan orang tua siswa (POSIS), seperti POMA (persatuan orang tua mahasiswa) di perguruan tinggi.

Sekali lagi, tugas dewan sekolah ada pada tatanan legislatif, yakni mengawasi, membuat aturan, dan kebijakan lain dalam tatanan konsep yang akan dijalankan oleh eksekutif (kepsek dan para guru).

Eltis Artesiman
Jln. Bakung XV
No. 22 B2 Blok 10
Bumi Rancaekek Kencana
Kabupaten Bandung

http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0205/16/10.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: