h1

Internet? Perlukah?

June 5, 2007

Apa Internet? Internet adalah jaringan puluhan juta (mungkin ratusan) komputer yang saling terhubung dan saling berkomunikasi. Internet seakan menjadi satu dunia terpisahdari dunia nyata, satu dunia yang tidak bisa dilihat dan dirasakan secara fisik, tetapi dimengerti ada.

Sebagai pengelola situs, webmaster, webdeveloper, Anda harus mengerti mengenai Internet, bukan sekedar mengerti dari aspek teknologinya. Anda harus mengerti mengapa orang masuk ke dan menjelajah Internet? Apakah terhubung ke Internet itu suatu kebutuhan atau gaya hidup saja?

“Tagihan telepon saya membengkak sampai hampir dua juta gara-gara chatting,” kata seorang teman, sambil tersenyum. Tidak nampak kekhawatiran di wajahnya karena tagihan teleponnya melonjak tajam. Bahkan dari nada bicaranya dan ekspresi wajahnya ia seakan bangga dengan tagihan telepon yang mencapai Rp 2 juta itu. Apakah bagi teman ini Internet itu suatu kebutuhan atau gaya hidup saja? Baginya Internet itu kebutuhan, ya juga suatu gaya hidup baru yang membuatnya nampak lebih “hebat.”


Sekarang di kartu bisnis (business card) eksekutif bukan hanya tercantum alamat kantor,nomor telpon, fax, nomor pesawat beeper, ponsel, tetapi juga alamat email (yang seringkali disebut nomor email karena diasosiasikan dengan telepon). Meskipun sudah tercantum alamat email di kartu bisnis, tidak jaminan pemilik kartu membuka emailnya setiap hari.Bahkan bisa jadi dia tidak mengerti bagaimana caranya mengirim email dan membaca email.Apakah baginya Internet itu suatu kebutuhan atau gaya hidup?Orang ini sama sekali tidak membutuhkan Internet, tapi ia tidak ingin dibilang ketinggalan zaman. Baginya Internet itu bukan kebutuhan dan juga bukan satu gaya hidup tapi hanya gaya-gayaan saja.

Pengalaman yang rekan lain, sedikit berbeda. Anaknya, setelah sepuluh hari dirawat dirumah sakit tanpa ada kesimpulan sakit apa, pada hari kesepuluh divonis menderita Kawasaki Disease. Malam itu, ia mencari warnet terdekat dari rumah sakit, kemudian mencari referensi mengenai Kawasaki Disease. Apakah Internet itu kebutuhan atau gaya hidup? Nah,Internet baginya adalah kebutuhan. Banyak orang seperti ini, mengakses Internet hanya ketika membutuhkan saja.

Penelitian di University of Delaware, Amerika Serikat, menunjukkan para penderita penyakit kanker dan keluarganya merasakan hidupnya lebih baik ketika mereka mengikuti online support group melalui diskusi online, chatting, dan mailing list dengan sesama penderita maupun keluarga penderita lainnya.

Prof Paula Klemm dari University of Delaware meneliti pesan-pesan yang dikirim keonline support group, dan kemudian memilah-milahnya menjadi delapan kategori yaitu memberi dan mencari informasi, opinis pribadi, dorongan semangat dan dukungan, mencocokkan pengalaman pribadi antara penderita dan yang memberikan perawatan, catatan rasa terimakasih, cerita lucu, doa, dan kategori di luar itu. Bagi mereka Internet itu kebutuhan ataugaya hidup? Bagi para penderita penyakit langka dan penyakit terminat, Internet adalahsuatu kebutuhan lain atau tambahan yang bisa membantu menenangkan diri.

Memang Internet secara fisik adalah jaringan komputer dunia, tetapi secara maya Internet bisa menjadi banyak hal. Internet adalah sumber informasi gratis tidak terbatas. Internet adalah satu komunitas manusia dengan berbagai kesamaan(profesi, minat, penyakit, umur, suku, wilayah dll). Internet adalah satu dunia mimpi manusia yang paling demokratis. Internet adalah … (silahkan isisesuai dengan kebutuhan masing-masing).

Apakah itu kebutuhan atau gaya hidup, seseorang mengakses Internet tidak terlepas dari keinginan dasar manusia dan nilai-nilai yang dianut manusia. Menurut penelitian StevenReiss dan Susan Havercamp, peneliti daari Ohio State University, di Amerika Serikat, ada15 keinginan atau hasrat (desire) manusia dan nilai-nilai (values) yang dianutnya.

Ke-15 human desires dan values:

1. Curiosity – keinginan untuk belajar
2. Food – keinginan untuk makan
3. Honor (morality) – keinginan bertingkah laku sesuai dengan peraturan
4. Rejection – ketakutan disingkirkan secara sosial atau dikucilkan, tidak diterima dalam satu kelompok
5. Sex – keinginan untuk berhubungan seksual dan berfantasi seksual
6. Physical exercise – keinginan untuk melakukan aktivitas fisik
7. Order – keinginan banyak berorganisasi dalam kehidupan sehari-hari
8. Independence – keinginan untuk membuat keputusan sendiri
9. Vengeance – keinginan membalas dendam ketika disakiti hatinya
10. Social contact – keinginan berada dalam satu kelompok dengan yang lainnya
11. Family – keinginan menghabiskan waktu bersama keluarganya sendiri
12. Social prestige – keinginan mendapatkan gengsi dan perhatian
13. Aversive sensations – tidak ingin merasa sakit dan gelisah
14. Citizenship – keinginan menjadi pelayan publik dan mewujudkan keadilan sosial
15. Power – keinginan mempengaruhi orang lain.

Nah, para pengusaha bisnis Internet harus memanfaatkan dengan cerdik dorongan yang membuat manusia melakukan sesuatu. Misalnya, yang paling dasar adalah dorongan social contact memunculkan konsep komunitas Internet, membuat banyak orang menikmati chatting di Internet, memunculkan mailing list.

Bhatia (pendiri Hotmail ) dengan jeli melihat kebutuhan manusia akan social contact, order, family, social prestige, dengan menyediakan layanan email. Amazon.com memanfaatkan kebutuhan curiosity dan independence melalui buku. Banyak contoh lainnya yang bisa dianalisis menggunakan kebutuhan manusia, termasuk juga bisnis brick and mortar companies.

Banyak produk atau konsep yang bisa dikembangkan dengan melihat kebutuhan dasar manusia. Sekarang siapa yang kreatif yang bisa memunculkan ide brilliant. Coba analisis konsep anda dengan kebutuhan dasar manusia ini. Sumber : http://perisaibangsa.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: