h1

CPNS Guru Bantu Tuntas 2009

September 17, 2007

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menargetkan pengangkatan seluruh guru bantu menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) selesai pada 2009.

Suyatno, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, menyatakan, sesuai revisi PP Nomor 48 tahun 2005, pemerintah berjanji akan menuntaskan persoalan pengangkatan guru bantu di Indonesia secara bertahap.

“Hasil revisi PP Nomor 48 tersebut,seluruh guru bantu yang memenuhi prasyarat dipastikan akan menjadi CPNS maksimal tahun 2009. Saat ini yang belum diumumkan lulus kami harap bersabar,”ucapnya di hadapan ribuan guru bantu Sumut, kemarin di Medan.

Saat ini tercatat jumlah tenaga guru bantu di Indonesia sebanyak 900.000 orang. Sementara tenaga honorer yang sudah menerima nomor induk pegawai (NIP) pada 2005 berjumlah 150.906 orang. Lalu, tahun berikutnya 315.000 dan pada 2007 sebanyak 44.948 orang. “Sedangkan sisanya 203.987 orang diselesaikan pengangkatannya menjadi CPNS pada 2008 sampai 2009,” ujarnya.

Terkait mengenai gaji guru bantu yang terhenti dibayarkan Diknas setelah dinyatakan lulus, menurut dia hal itu sudah sesuai ketentuan.“Sudah memang seperti itu ketentuannya,namun jangan khawatir yang sudah dinyatakan lulus meski belum menerima gaji, nantinya akan dirapel,”terangnya.

Sementara itu, Ketua Forum Guru Bantu Indonesia Sumut Adi Wijaya mengatakan, pihaknya terus menunggu janji pemerintah terkait pengangkatan guru bantu menjadi CPNS. “Masih banyak permasalahan yang terjadi, banyak kota yang diumumkan lulus formasi awal 2005 oleh pemerintah, tetapi digeser di 2006, atau belum mendapatkan SK dan menerima gaji,”ucapnya.

Akibat terhambatnya proses pengangkatan itu, banyak guru bantu terpaksa harus mencari alternatif pekerjaan lain untuk memenuhi kehidupannya. “Dia lulus, tetapi gaji belum diterima,sementara gaji guru bantunya sudah diberhentikan. Bagaimana mereka menghidupi keluarganya,”jelasnya. Dia khawatir jika hal itu tidak diselesaikan cepat, itu akan memunculkan masalah besar lagi,termasuk permasalahan mutu pendidikan di Indonesia.

“Sebab, mereka (guru bantu) juga bertanggung jawab dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia,” terangnya. Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Sumut M Mahdi Ibrahim menyatakan, dari 11.511 guru yang sudah dinyatakan lulus, 7.400 orang di 23 kabupaten/ kota, sedangkan sisanya akan diselesaikan pada 2008–2009. Terkait gaji guru bantu yang terhenti, pihaknya berjanji dalam waktu dekat ini akan bertemu dengan BKD kabupaten/kota agar bisa diselesaikan cepat.

“Kami akan bantu mempercepat proses itu. Pada bagian lain,Sekretaris Direktorat Jenderal Program Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan, Depdiknas, Giri Suryatmana meminta pendataan guru swasta yang menerima insentif diselesaikan sebelum Desember 2007. Jika tidak anggaran Rp500 miliar yang tersisa akan segera dikembalikan ke kas negara.

“Masih ada Rp500 miliar masih tersimpan di Depdiknas. Jika tidak diselesaikan datanya hingga Desember, maka uang itu akan kembalikan ke kas negara,” ucap Giri Suryatmana dalam “Dialog Pendidikan” yang digelar Lembaga Peduli Pendidikan Indonesia,kemarin. Menurutnya, pemerintah sudah menganggarkan dana khusus untuk tambahan tunjangan kesejahteraan untuk guru swasta di Indonesia.

Jumlahnya diperkirakan mencapai 400.000 orang. Dana Insentif yang sudah disalurkan Diknas sesuai data yang tercantum sebanyak Rp1 triliun untuk 170.000 guru swasta. Menurut Ketua Pembina Lembaga Peduli Pendidikan Indonesia Adi Munasip,tambahan tunjangan insentif guru swasta sangat membantu. Sebab, selama ini para guru swasta mendapat gaji kurang mencukupi dari yayasan tempatnya mengajar.

Ketua Dewan Pendidikan Sumut OK Nazaruddin menilai bahwa langkah pemerintah tersebut harus terus ditingkatkan. Salah satu upaya untuk menguatkan perhatiannya terhadap guru swasta adalah dengan turut memberikan tekanan terhadap pemilik yayasan. (suharmansyah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: