h1

STAI SILIWANGI CIANJUR

September 17, 2007

STAI SILIWANGI CIANJUR SIAP DONGKRAK IPM

Cianjur mengejar kenaikan Indek Pembangunan Manusia (IPM) Cianjur hingga mencapai 80 sesuai dengan target IPM Jawa Barat, tentunya bukan pekerjaan mudah. Oleh karena itu pemerintah kabupaten cianjur bersama masyarakat harus bekerja ekstra keras melakukan upaya positif dalam pembangunan pendidikan.
Kabupaten Cianjur saat ini baru sampai di tingkat 72 lebih. Karena adanya partisipas masyarakat dalam meningkatkan kecerdasanb, kesehatan dan sesejahteraan merupakan hal yang positif dan perlu ditumbuhkembangkan serta ditingkatkan,’ kata bupati cianjur pada setiap kesempatan membahasan permasalahan itu.
Usaha untuk meningkatkan IPM Cianjur itu akan lebih berkembang jika ditunjang dengan aktivitas sekolah dan perguruan tinggi swasta di kabupaten cianjur. Seperti yang telah dilakukan Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi (STAIS) yang bermarkaskan di jalan Slamet Riyadi, Badak Putih Cianjur.

Tahun 2006/2007 kami telah mewisuda 1.200 orang S1 dan D2 Kata H. Afid Fahmi SH, Sag, selaku ketua Unit Penyelenggara Perkuliahan (UPP) STAI Siliwangi Kabupaten Cianjur, Ketika memberangkatkan 2 pleton Mahasiswa pada Pawai Pembangunan Cianjur, Sabtu Lalu. Menurutnya jumlah mahasiswa baru yang terdaftar sekarang sudah 180 orang, angka tersebut kemungkinan akan bertambah karena waktu pendaftaran masih dibuka.

Banyaknya Mahasiswa yang berkuliah di STAIS Cianjur itu menurut Badan Eksekutif Mahasisa (BEM) STAIS Siliwangi karena adanya kepercayaan masyarakat Cianjur mengenai mutu dan kualitas perkuliahan serta mutu dan kualitas lulusannya. STAI Siliwangi Cianjur sudah berakreditas B dan berpengalaman, selain itu juga dibimbing para dosesn yang profesioal dibidangnya” katanya.

Fahmi menjelaskan, perkuliahan di STAIS dilakukan secara normal melalui tatap muka dengan para dosesnnya. Bukan perguruan tinggi yang bermain dengan modul semata. Dilaksanakannya perkuliahan di Cianjur sebagai unit perkuliahan yang dapat dikatagorikan Kampus STAIS di Cianjur. Karena itu STAI SILIWANGI cianjur tidak termasuk katagori perkuliahan kerlas jauh, Katanya.

Penyelenggaran perkuliahan STAI Siliwangi Cianjur Menurut H. Afip Fahmi, dilakukan untuk menjawab tantangan para calon mahasiswa di Cianjur yang merasa kesulitan di luar kabupaten cianjur. Kuliah di luar kota resikonya sangat tinggi, selain harus membayar dana perkuliahan juga biasa hidup dan tempat tinggal (kos) sangat tinggi. Belum lagi para karyawan dan karyawati yang ingin melanjutkan perkuliahan, merek atidak bisa meninggalkan pekerjaan “Kata H. Afip Fahmi.

Menurutnya Lulusan STAIS Siliwangi yang dibuka di cianjur sejak tahun 1997 mencapai 3000 orang. Sebagian menjadi karyawan dan pejabat di Pemerintahan bahkan banyak yang diangkat menjadi PNS.

Ini sebuah jawaban, ijasah STAIS SILIWANGI CIANJUR cukup handal di Pemerintah dan dihargai pula oleh Universitas atau perguruan tinggi lainnya. Beberapa orang lulusan D2 yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi lainnya juga diterima dengan lancar “Lanjut H. Afip Fahmi.

Mengenai adanya Isu kelas jauh, H.Afip Fahmi juga tidak setuju jika masih ada Perguruan Tinggi kelas Jauh yang berkuliah tanpa bertatap muka antara Dosesn dan Siswa dan hanya mengandalkan Modul Semata.

Saya juga tidak setuju perkuliahan seperti itu. Jika hal itu dilontarkan kepada STAI Siliwangi Cianjur sepertinya salah besar,” Katanya. Kampus STAI Siliwangi Cianjur, sejak dulu telah merencakan membangun kampus sendiri selain dari sekretariat. Namun Usaha itu belum terealisasikan mengingat dananya yang cukup besar.

Pada Kegiatan Kuliah Umum Tahun 2007/2008 menurutnya STAI Siliwangi akan mengundang Bupati Cianjur Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh MM dan Wakil Bupati Cianjur Drs. H. Dadang Sufianto MM, untuk memberikan Materi Kuliah Umum Itu. (RA) | SOROT Edit 250| Kampus Siliwangi Cianjur|

Link Bergambar

Bursa Kerja Kampus Siliwangi

bursakerja.jpg bursakerja-kampus.jpg

7 comments

  1. Ijasah STAIS SILIWANGI CIANJUR cukup handal di Pemerintah dan dihargai pula oleh Universitas atau perguruan tinggi lainnya. Beberapa orang lulusan D2 yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi lainnya juga diterima dengan lancar.
    ——————-
    SMOGA DARI TAHUN KE TAHUN SILIWANGI CIANJUR LEBIH MAJU, DAN SELAMAT BEKERJA..!

    BLOGNYA BOLEH JUGA, INFO SEPUTAR CIANJUR, KREATIF..! SALAM KENAL
    ——————–


  2. Pak Iwan di Siliwangi juga – ato malah anaknya! dan Terima kasih Atas Sanjungannya ***merasa tersanjung nih…😛


  3. Sepertinya apa yang dikatakan Bpk. H. Apip Fahmi, SH, S.Ag, bohong besar. setahu saya perkuliahan kelas jauh selalu mengorbankan pendidikan, bagaimana tidak kuliah hanya satu hari (dari jam 7-13.00 WIB) setiap minggu, sangat tidak mungkin mengejar SKS yang dibutuhkan untuk program S.1. setahu saya di Perguruan tinggi manapun perkuliahan dilaksanakan minimal 3-4 hari perminggi dengan jam pertemuan minimal 5-6 jam per hari. jadi tidak mungkin kelas jauh tidak mengorbankan mutu pendidikan.
    bahkan kata Dirjen Pendidikan Agama Islam Depag RI tanggal 20 Nopember 2007 pada acara silaturahmi PTAIS se Kopertais Wilayah II Jabar dan Banten di Ciloto ” Pelaksana Perkuliahan Kelas Jauh adalah pengkhianatan terhadap Pendidikan Bermutu”.
    setahu Saya sudah banyak Surat Larangan Kelas jauh baik itu dari Depag RI maupun dari Diknas. dan surat larangan kelas jauh yang terbaru dari diknas Nomor : 595/D5.1/T/2007 tanggal 27 Pebruari 2007 salah satu isinya adalah MELARANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN MODEL KELAS JAUH dan SABTU-MINGGU dan menetapkan bahwa IJAZAH YANG DIKELUARKAN TIDAK SAH dan TIDAK DAPAT DIGUNAKAN terhadap pengangkatan, maupun pembinaan JENJANG KARIR/PENYETARAAN bagi pegawai Negeri.
    surat ini ditembuskan Kepada BKN, Kepala Kantor Regional BKN, Kepala BKD, Bupati, dan seluruh Koordinator Kopertis se Indonesia
    jadi sudah jelas sekali Kelas Jauh, Rombongan Belajar, Rumpun Belajar, Kelompok Belajar atau nama yang searti dengan itu dilarang dan terlarang.


  4. saya sependapat dengan kang putra.
    Tidaklah mungkin sekolah satu minggu 1 kali bisa mengejar target SKS. Dan tentunya ini sangat berpengaruh sekali dengan kualitas perkuliahan dan hasil akhirnya. Generasi kampus yang dicetak seperti apa?

    MELARANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN MODEL KELAS JAUH dan SABTU-MINGGU dan menetapkan bahwa IJAZAH YANG DIKELUARKAN TIDAK SAH dan TIDAK DAPAT DIGUNAKAN : ini merupakan tantangan tersendiri bagi Siliwangi.
    Seperti yang saya lihat banyak kendala yang dihadapi. Fasilitas Gedung saja masih numpang di sekolah. (bagaimana jika hari minggu gedung dipergunakan juga oleh siswa. Tentu ini sangat menghambat proses belajar mengajar siswa dan perkuliahan itu sendiri.


  5. saya sependapat dengan kang putra. tidak mungkin kelas jauh yang perkuliahannya saja seminggu satu kali bisa mengejar target SKS yang mesti dicapai. tentunya hal tersebut mengorbankan mutu pendidikan.
    peningkatan IPM di Cianjur jangan dijadikan alasan untuk mengorbankan pendidikan itu sendiri.
    saya menghimbau pada para pengurus STAI Siliwangi Cianjur agar jangan sampai terjadi pembohongan publik.
    karena STAI Siliwangi Cianjur tidak ada izin operasional di Cianjur, yang ada STAI Siliwangi Bandung dan itupun beroperasi di Bandung bukan di Cianjur.


  6. Ass….Saya mau tanya ni? Ada edaran dari Departemen Pendidikn Nasional Tgl 27 Februari 2007 Nomor : 595/D5.1/T/2007 Perihal : Larangan Kelas Jauh dan Sabtu Minggu yang di tujukan kepada :
    1. Kepala BKN Pusat
    2. Kepala Kantor Regional BKN
    3. Koordinator Kopertis Wilayah 1 – XII
    Saya skrng sedang melanjutkan S2 di sebuah PTS di Palembang kelas sabtu minggu sedangkan jarak tempuh antara kota saya dan Palembang lebih kurang 3 jam berarti jum’at sore saya sudah ada di Palembang, PTS tempat saya kuliah telah terakreditasi C. kami memang melaksanakan kuliah 12 jam dalam 2 kali pertemua sabtu dan minggu sedangkan untuk kelas pagi dan malam pertemua 1 hari 3 jam mulai dari hari senin sampai kamis, sehingga 4 hari x 3 jam =12 … dengan jumlah SKS yang ditempuh 46 SKS….
    Menurut saya wajar untuk jenjang S2 dengan 2 hari pertemua yg setiap pertemua 6 jam mulai dari jam 08.00 s/d 16.00, jika dibandingkan dgn kelas pagi atau malam hari.. yg tdk wajar itu untuk jenjang S1 kelas sabtu minggu jika dibandingkan dgn kelas pagi dan malam karena jumlah SKS yg ditempuh berkisar antara 154 – 165 SKS yg terkdang diselesaikan dalam waktu 2 – 3 Tahun? yg saya mau tanyakan bisa enggak ijazah saya ini nanti penyetaraan karena saya dan rekan-rekan benar2 kuliah dan PTS saya sudah terakreditasi C, karena selain sabtu dan minggu tdk ada waktu luang untuk kuliah selain Perguruan tinggi di tempat saya belum ada,? Tolong penjelasan yg sedetilnya…..

    ***Jawaban Redaksi***
    Bisa ditanyakan ke Kanreg v11 BKN Palembang yang punya wewenang untuk kenaikan pangkatnya.Apabila memungkinkan [S1]bapak termasuk kelas jauh ,jarak jauh kelas Sabtu Minggu dengan ini dapat dijelaskan sbb;Sesuai Edaran Dirjen Dikti NO.1506/D/7/2005 tgl 16 mei 2005,Pendidikan jarak jauh yang diakui oleh Pemerintah adalah hanya yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka,sesuai Edaran Direktur Kelembagaan Diknas NO.595/D5.1/T/2007 tgl 27 Februari 2007.Penyelenggaraa n Pendidikan seperti tsb diatas melanggar norma dan kaedah Akademi yang kualitas penyelenggaraan dan lulusannya tidak dapat dipertanggung jawabkan.Dirjen Dikti sejak thn 1977 telah melarang penyelenggaraan Pendidikan model kelas jauh dan kelas sabtu minggu dan menetapkan,bahwa ijazah yang dikeluarkan tidak syah dan tidak dapat digunakan terhadap pengangkatan maupun pemberian jenjang karier/penyetaraan bagi PNS.

    Sumber : BKN.GO.ID
    http://www.bkn.go.id/kenaikan_pangkat/formasi.php?start=170

    ** MUNGKIN INI BISA sedikit memberi gambaran mengenai permasalahan tersebut di atas. Dan untuk lebih jelasnya dpt ditanyakan langsung di BKN REGIONAL jabar tentunya.


  7. Hidup Mahasiswa Cianjur…salim baktos ka sadayana mahasiswa/i STAIS Cianjur…salam anti penindasan !!!

    Kunjungi blog saya, mudah2an bisa membantu dalam melaksanakan tugas kampus…
    guruhyogakomara.blogspot.com



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: