h1

Cianjur Cerdas Sarerea

September 21, 2007

Tahun 2009 Cianjur Bebas Buta Huruf | Ditargetkan pada tahun 2009 jumlah penyandang buta aksara sudah tidak ada lagi di Kabupaten Cianjur atau paling tidak hanya mencapai 1 % . Dengan kata lain, Angka Melek Huruf (AMH) Kabupaten Cianjur pada tahun 2009 mencapai 99%. Demikian dikatakan Wakil Bupati Cianjur, Drs. H. Dadang Sufianto, MM, pada saat membacakan sambutan tertulisnya dalam acara pembukaan sosisaliasi program pendidikan keaksaraan yang diselenggarakan oleh Yayasan Swadamas Jayagiri, Rabu, (12/04) di Gedung Korps Pegawai Republik Indonesia Cianjur.

Suatu berita yang sangat menggembirakan tentunya. Tetapi untuk Mewujudkan Tahun 2009 Cianjur Bebas Buta Huruf adalah suatu pekerjaan yang sangat berat. Disamping Masalah tersebut diatas, masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan di Kabupaten Cianjur. Misalnya Masalah Kesehatan. Sebab Kesehatan juga penting di samping masalah pendidikan.

Apalagi Kalau kita cermati, rata-rata yang belum mengenal angka dan huruf rata-rata berusia antara 35 – 50 tahun yang pada usia ini yang terpenting adalah bagaimana mereka bisa memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Hari-hari mereka disibukan dengan urusan keluarga yang semakin hari semakin berat dirasakan ditambah harus menanggung beban untuk bisa mengenal angka dan huruf (Baca dan Tulis)

Kecuali ada terobosan baru proses pembelajaran, misalnya bekerja sambil belajar. Belajar apa saja. Yang penting dapat bermanfaat dan dapat penghasilan bagi keluarganya. Potensi Kabupaten Cianjur Sangatlah Kaya dan makmur. Jadi Proses Pembelajaran bisa melalui berbagai cara. Misal Belajar Membuat Emping – Belajar membuat Dendeng Ikan yang memang Cianjur merupakan salah satu penghasil ikan Air Tawar yang Cukup Besar, belajar budaya bunga petik dan belajar bagaimana cara Berkebun yang baik dan benar.

Juga yang tidak kalah pentingnya adalah terbangunnya perpustakaan-perpustakaan yang menyediakan buku-buku yang berbobot. Pembangunan Perpustakaan haruslah ditempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat setempat. Keberadaan Perpustakaan ini akan sangat membantu minat baca dan kebutuhan membaca dan manfaat dari Membaca. Brosur dan flampet tentang perlunya bisa membaca haruslah sudah mulai digembar-gemborkan mulai dari sekarang.

Pembenahan Dunia Pendidikan baik perbaikan sarana dan prasarana, Untuk Dunia Pendidikan Adalah Modal Utama dalam Mengentaskan Buta Aksana. Di Kabupaten Cianjur masih banyak sekolah-sekolah yang belum memenuhi stantar dunia pendidikan. Bangunan Gedung yang sudah tua, Tidak ada Perpustakaan di lingkungan sekolah merupakan hal yang biasa, dan kalaupun ada perpustakaan pemanfaatannya kurang optimal. Jika Perlu Pemerintah Daerah mengadakan sekolah murah dan gratis kalau memang dipandang perlu juga merupakan target terwujudnya Cianjur 2009 Bebas Buta Huruf.

Nah Dari Pendekatan-pendekatan seperti inilah saya kira untuk mencapai target Tahun 2009 Cianjur Bebas Buta Huruf dapat terwujud. |Riva Fauziah | Blog Cianjur|

2 comments

  1. Dear all,

    Anak saya paling suka mewarnai gambar pemadangan/rumah…boleh dong info linknya…

    Thx


  2. Tolong dong di email jg ke didin at pt-spv.com

    Nuhun,



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: