h1

Gaji Guru Bantu Sekolah Cianjur Tertunda

November 16, 2007

Guru Bantu Sekolah Lima Bulan Belum Menerima Gaji

CIANJUR | Puluhan guru bantu sekolah (GBS) yang bertugas sebagai guru daerah terpencil (gurdacil) di Kab. Cianjur sudah lebih dari lima bulan belum menerima gaji.

Mereka meminta Pemkab Cianjur bisa segera merealisasikan gaji yang menjadi hak mereka. Pasalnya, mereka sangat membutuhkan gaji tersebut untuk operasional sehari-hari selama mengajar di sekolah yang lokasinya sangat jauh dari pusat kota.

Mengenai belum diterima gaji selama lima bulan ke belakang tersebut, dibenarkan Asep salah seorang GBS gurdacil warga Cangklek Cianjur, Kamis (15/11). Dia mengatakan, dia bertugas mengajar di Kec. Agrabinta yang lokasinya sangat jauh dari pusat kota. Dengan kondisi tersebut, dia mengalami kesulitan biaya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari selama bertugas. Sudah lebih dari lima bulan dia tidak menerima gaji.

“Kami bersama rekan-rekan senasib sudah mengajukan permohonan ke dinas, tapi sampai saat ini hak saya belum juga kami terima,” ujarnya.

Menyikapi kondisi tersebut, Sekretaris Komisi IV DPRD Kab. Cianjur, Dudy Aryadikara mendesak Pemkab Cianjur, termasuk dinas terkait untuk segera merealisasikan gaji yang menjadi hak para gurdacil tersebut. Pasalnya, sangat ironis mereka harus mengajar di tempat terpencil yang jauh dari mana-mana, tetapi hak mereka sudah lebih dari lima bulan belum juga dibayarkan.

Dia mengatakan, sepengetahuannya GBS yang bertugas di tempat terpencil di Kab. Cianjur yang belum mendapatkan hak mereka itu, jumlahnya ada 89 orang. Pihaknya merasa heran, kenapa gaji mereka belum juga dibayarkan. Padahal, dana dari provinsi bagi gaji mereka sudah masuk kas daerah.

Sementara itu, Wakil Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Cianjur Djadjang Sofyan Haris, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa gaji GBS yang bertugas di tempat terpencil itu belum bisa direalisasikan. Menurut dia, anggaran dari provinsi bagi mereka sebenarnya sudah masuk kas daerah.

“Keterlambatan pembayaran gaji itu karena Penetapan APBD Perubahan Kab. Cianjur tahun ini mundur, menjelang akhir tahun,” katanya.

Dia mengatakan, dana bantuan dari gubernur untuk membayar gaji mereka itu sudah ada di kas daerah. Apabila tidak ada kendala, gaji itu bisa dibayarkan 17 November 2007. (A-116)*** Sumber http://www.pikiran-rakyat.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: