h1

Teknologi Informasi Diyakini Mampu Kembangkan Potensi Desa

January 16, 2011

Masyarakat Teknologi Provinsi Banten (LSM M-TIK) mendesak pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Banten untuk segera bisa merespon keinginan para kepala desa atau kelurahan untuk memiliki fasilitas teknologi informasi.

Secara riil pembangunan yang sebenarnya adalah berada di desa atau kelurahan. Sehingga sangat wajar jika pemerintah desa dan kelurahan ini diberikan fasilitas untuk menyerap lebih banyak informasi dalam rangka mengembangkan potensi mereka, ujar Ketua LSM M-TIK Banten, Azis Keben, kemarin.

Menurutnya, harapan yang diungkapkan para kepala desa/kelurahan itu selain merupakan jawaban dari lahirnya Undang-undang Kebebasan Informasi Publik (KIP) No 14 Tahun 2008, pemberian fasilitas TIK tersebut juga diharapkan dapat digunakan sebagai alat untuk mengukur sejauhmana kinerja perangkat desa dan aktifitas yang ada di wilayahnya Paling tidak mereka butuh komputer dan jaringannya, ungkap Azis

Pihaknya lanjut Azis juga sangat meyakini jika seluruh desa atau kelurahan di Banten memiliki fasilitas TIK, maka pengetahuan dan wawasan perangkat desa/kelurahan semakin berkembang. Dan pada akhirnya, masyarakat desa pun ikut termotivasi untuk menikmati informasi dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahterannya.

Menurut Azis, dengan jumlah desa dan kelurahan di Banten saat ini sebanyak 1.550 desa/kelurahan, maka pemerintah pusat, provinsi maupun Kabupaten/Kota dapat lebih mudah untuk mengenal kondisi wilayahnya. Bahkan dengan sangat cepat masyarakat dan perangkat desa dapat melihat dan membandingkan kondisi luar, sehingga dimungkinkan terjadinya kerjasama pembangunan antar desa/kelurahan, katanya. (kbs/1)
sumber : http://www.harianpelita.com/read/9723/11/antar-daerah/teknologi-info

One comment

  1. saatnya orang desa tidak gaptek



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: