h1

Deklarasi Banten Go Open Source

January 17, 2011

Forum Relawan Telematika Provinsi Banten Sukses Menggelar Deklarasi Banten Go Open Source dan Workshop Telematika dengan tema Membangun Cyber School yang diikuti 1000 orang peserta dari guru-guru TIK se-Provinsi Banten.
Pada acara tersebut dilakukan pula Launching Sistem Operasi Linux Banten karya Komunitas Linux Banten sebagai Sistem Operasi Legal dan ASLI (Asal Linux) sebagai sistem operasi alternatif pengganti Sistem Operasi Bajakan yang masih banyak beredar di Provinsi Banten.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai momentum kebangkitan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Provinsi Banten. Acara tersebut diresmikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ir. Muhadi, MSP yang mewakili Gubernur Banten Hj. Ratu Atus Chosiyah. Dalam sambutanya, Gubernur Banten mengamanatkan kepada seluruh Lembaga Pemerintahan, Swasta, Sekolah, Dunia Usaha dan Masyarakat Umum untuk menghindari penggunaan Software Bajakan (Ilegal) karena tindakan tersebut melanggar UU No. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta yang dapat dikenai sangsi hukum Pidana dan Perdata.

Turut memerikan sambutan pada acara tersebut, Direktur Pemberdayaan Telematika Kementrian Komunikasi dan Informatika, Drs. Bambang Soeprijanto yang mewakili Menteri Kominfo Tifatul Sembiring. Dalam sambutanya Direktur Pemberdayaan Telematika memberikan apresiasi atas keberhasilan Forum Relawan Telematika sebagai organisasi kemasyarakatan dibidang Teknologi Informasi yang dibinanya telah berupaya Membangun Masyarakat Informasi Banten pada khususnya dalam rangka menyukseskan visi Kementrian Kominfo yaitu Membangun Masyarakat Informasi Indonesia 2015.

Setelah acara pembukaan dan Deklarasi Banten Go Open Source dilanjutkan dengan kegiatan workshop TIK kepada guru-guru TIK di Provinsi Banten untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang menjadi pendidik di sekolah masing-masing dan akan membentuk generasi muda Banten sebagai pengguna Open Source Software. Sebagaimana diketahui bahwa pendidikan, ketrampilan dan cara berfikir generasi berikutnya sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan di masa sekolah. Untuk itu, menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berbasis Open Source sangat tepat jika dimulai dari sekolah.

Semoga langkah awal Forum Relawan Telematika Provinsi Banten ini dapat merubah mind set generasi berikutnya untuk menghindari pembajakan software dan mencerdaskan bangsa melalui pamanfaatan OSS secara maksimal. http://www.relawan-tik.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: