h1

Egoverment Pemerintah Daerah

February 1, 2011

Berada dalam arus gencarnya globalisasi, demokratisasi dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (ICT) tidak dapat melepaskan kita dari tuntutan penerapan teknologi tersebut dalam meningkatkan layanan pemerintah kepada warganya. Salah satu sarana peningkatan layanan tersebut adalah electronic government (e-government). Makalah ini bermaksud untuk melontarkan beberapa ide atau pemikiran dalam rangka menerapkan e-government dalam pemerintahan daerah di Indonesia. Sejalan dengan maksud tersebut, bagian pertama makalah ini membahas secara singkat “apa dan mengapa tentang e-government” dan disusul bagian kedua tentang ide-ide atau pemikiran penerapan e-government dalam pemerintahan daerah di Indonesia secara umum, diangkat dari pemikiran-pemikiran dalam khasanah pustaka. Makalah ini diakhiri dengan bagian ketiga yang melontarkan beberapa pemikiran tentang penerapan egovernment dalam pemerintahan daerah.

Sekilas E-Government
Telah banyak buku serta makalah seminar dan jurnal yang membahas tentange-government dan karena itu bahasan bagian pertama ini hanya akan menyingkat atau merangkum pengetahuan yang telah ada.

Definisi E-Government
Banyak ditemui variasi definisi e-government, tapi definisi-definisi tersebut kurang lebih sama, maka dalam makalah ini diambil diambil salah satu saja yaitu:

E-Government berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi (seperti: wide area network, internet, dan komunikasi bergerak) oleh lembaga pemerintah yang mempunyai kemampuan untuk mentransformasikan hubungan Pemerintah dengan warganya, pelaku dunia usaha (bisnis), dan lembaga pemerintah lainnya. Teknologi ini dapat mempunyai tujuan yang beragam, antara lain: pemberian layanan pemerintahan yang lebih baik kepada warganya, peningkatan interaksi dengan dunia usaha dan industri, pemberdayaan masyarakat melalui akses informasi, atau manajemen pemerintahan yang lebih efisien. Hasil yang diharapkan dapat berupa pengurangan korupsi, peningkatan transparansi, peningkatan kenyamanan, pertambahan pendapatan dan/atau pengurangan biaya. (Sumber: Situs Web Bank Dunia, Juni 2002)

Dari definisi tersebut dapat ditarik unsur-unsur obyek, tujuan dan alatnya sebagai terlihat pada gambar berikut:

egovernment1

Macam interaksi antar pelaku dalam E-Government E-government bertujuan untuk meningkatkan interaksi antar pelaku. Dari definisi di atas terdapat interaksi antar pelaku sebagai berikut:

egovernment2

Macam cara/alur interaksi dengan Pemerintah dalam E-Government Disamping cara interaksi tradisional, e-government memberi kemudahan bagi warga dan dunia usaha untuk mengakses layanan pemerintah. Dalam hal ini, terdapat beberapa macam cara atau alur interaksi dari pengguna layanan ke pemberi layanan (Pemerintah) seperti dapat dilihat pada gambar berikut:

egovernment3

Gambar 3: Macam cara interaksi dengan Pemerintah dalam e-government (sumber: PIU UK, 2000, dimodifikasi

Sumber Berita : Blogger Indonesia

Informasi Lebih Lanjut Mengenai E-Government Silahkan Download Artikel Asli & Lengkap DISINI!

One comment

  1. I simply couldn’t depart your website prior to suggesting that I extremely loved the usual information an individual supply for your visitors?
    Is going to be again regularly in order to
    check out new posts



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: