h1

Bom Buku Diduga Kerjaan Intelijen

March 17, 2011

boom buku terror

boom buku terror

Bom Buku Diduga Kerjaan Intelijen | engamat intelijen Soeripto menduga bom buku yang ditujukan kepada mantan Koordinarot Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla yang berkantor di Utan Kayu, Jakarta Timur, merupakan pekerjaan intelijen. Untuk situasi Indonesia saat ini, yang paling mungkin melakukan kekerasan dengan menggunakan bom adalah intelijen profesional.

“Yang bisa melakukan itu adalah orang yang profesinya sebagai intelijen. Bisa saja agen intel yang melakukan pekerjaan itu. Orang biasa sulit,” ujarnya saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (15/3).

Soeripto tidak yakin bom tersebut diprakarsai oleh teroris. Karena teroris di Indonesia hampir tidak lagi berjalan pasca-Abubakar Ba’asyir ditangkap.

Namun, yang perlu diperhatikan, kata Soeripto, intelijen tersebut bekerja untuk siapa atau siapa yang mengkoordinasi kegiatan mereka. Ia belum bisa menyebutkan siapa di balik pengeboman tersebut namun dia menilai tindakan tersebut merupakan perbuatan liar yang sulit terkontrol. “Intel kita saat ini sangat liar. Mereka tidak terkontrol, bekerja sesukanya,”ujarnya.

Soeripto menambahkan, hingga sekarang paradigma kerja intelijen Indonesia masih paradigma Orde Baru (Orba). Kekerasan selalu menjadi acuan untuk meredam kebebasan pihak lain atau ingin mengontrol pihak tertentu.

“Intelijen kita masih gunakan paradigma Orba. Intel masih bekerja represif. Padahal, intelijen kerjanya mengumpulkan data demi kepentingan negara,” ujarnya.

Sementara itu, pengamat militer dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Indria Samego menjelaskan, di negara seperti Asia Selatan dan Asia Tenggara, bom sering dipergunakan sebagai alat represif. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya menyampaikan kehendak atau aspirasi dengan cara yang biadab.

Di Indonesia, hal tersebut terjadi, kata Indria, karena hukum tidak lagi menjadi panglima. Hukum sering dibeli oleh kekuatan uang. “Banyak orang yang mengambil jalan pintas. Lebih baik bom daripada pakai langkah hukum,”terangnya. [Yahoo]

Link Terkait :
Pengamat: Bom Buku Diduga Kerjaan Intelijen – Yahoo!
16 Mar 2011 … Jakarta: Soeripto tidak yakin bom tersebut diprakarsai oleh teroris. Karena teroris di Indonesia hampir tidak lagi berjalan pasca-Abubakar …
id.berita.yahoo.com/pengamat-bom-buku-diduga-kerjaan-intelijen-20110315-124300-930.html

Saksi Paket Bom Buku Bertambah Jadi 20 Orang
17 Mar 2011 … Polisi masih terus melakukan penyelidikan terkait teror paket bom buku. Sejauh ini polisi telah memeriksa 20 orang saksi.
news.okezone.com/…/saksi-paket-bom-buku-bertambah-jadi-20-orang

VIVAnews – Bom Buku Dua Hari Tergeletak di Ruangan Dhani
17 Mar 2011 … Paket bom buku itu dikirimkan ke Dhani sejak 15 Maret lalu. – Bom Buku Dua Hari Tergeletak di Ruangan Dhani.
showbiz.vivanews.com/…/209991-ahmad-dhani-tenang-tanggapi-paket-bom-buku

detikNews : BNPT Sebut Bom Buku Perbuatan Jaringan Teroris Yang …
16 Mar 2011 … Aksi teror bom menggunakan paket buku diduga bukan hal yang baru. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai …
detiknews.com › Berita

BIN Dalami “Bom Buku” – KOMPAS.com
16 Mar 2011 … Kepala Badan Intelijen Negara Sutanto mengatakan bahwa pihaknya tengah mendalami kiriman tiga bom berbentuk buku.
nasional.kompas.com/read/2011/03/16/…/BIN.Dalami.Bom.Buku

Antara News : Terlalu Dini Menuduh Pelaku Bom Buku
16 Mar 2011 … Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Sutarman mengatakan terlalu dini menuduh pelaku paket bom buku yang meledak di KBR 68H di Jalan Utan Kayu, …
http://www.antaranews.com/berita/…/terlalu-dini-menuduh-pelaku-bom-buku

Teror Bom Buku untuk Siapa ?
16 Mar 2011 … Teror Bom Buku yang terjadi sore tadi di Kantor Radio Berita (KRB) 68H, di jalan Utan Kayu, ternyata juga di kirim ke Kantor Badan Narkotika …
sosbud.kompasiana.com/2011/03/…/teror-bom-buku-untuk-siapa/

Teror Bom Buku Marak
Teror Bom Buku Marak – Teror bom buku terjadi tiga kali dalam kurun waktu yang hampir bersamaan mendadak menjadi perhatian publik di Indonsia. …
karodalnet.blogspot.com/2011/03/teror-bom-buku-marak.html

detikFoto : Ahmad Dhani Terima Paket Bom Buku
17 Mar 2011 … Bom buku dikirimkan untuk Ahmad Dhani ke kantor Republik Cinta Management (RCM), Jalan Elok Mas 3 nomor E 1 dan E2, Pinang Mas, Pondok Indah …
foto.detik.com › Foto News

PKB Kutuk Bom Buku – Tribunnews.com
16 Mar 2011 … DPP PKB mengutuk keras paket bom yang ditemukan di komunitas Utan Kayu. Aksi ini sebagai sebuah tindakan yang biadab.
http://www.tribunnews.com/2011/03/16/pkb-kutuk-bom-buku

2 comments

  1. Nice Info nihh sangat berguna…


  2. masak sih gan, ane shock..



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: